K-Pop: di Antara Betis Jenjang & Tubuh Atletis

Entah mengapa akhir-akhir ini perhatian kami tertuju pada cewe dan cowo dari Korea. Mungkin juga dari televisi dan kawan. Mereka menikmati acara drama Korea, mencari profil pemainnya, ataupun mendownload soundtrack filmnya. Selain itu mereka pun biasanya tak ketinggalan untuk menonton girl band atau boyband dari Korea yang  nampaknya tengah menjadi perhatian tersendiri bagi sebagian anak muda kota. (Lihat saja traffic di wordpress. dua blog paling popular membicarakan tentang korea)

Namun yang begitu menarik mata ialah penampilan dari para entertainer Korea tersebut. Dalam hal ini terutama para girl band atau boyband. Para pengemar cewe menggemari boyband dan sebaliknya para cowo menggemari girlband.

Jika melihat fenomena industri hiburan Korea terutama penyebaran pop kultur seperti musiknya, hal ini mengingatkan kami pada meledaknya insudtri musik pop Jepang di tahun 1990-an. Saat itu banyak orang dari banyak negara seketika terpesona dan kemudian jatuh cinta pada budaya pop Jepang. Bahkan hingga kini budaya pop Jepang masih memiliki fans yang cukup besar di tanah air. Nah fenomena serupa sepertinya dapat kita lihat pada meledaknya musik dan film Pop Korea ke seantero dunia.

Ok, kita kembali ke masalah penampilan. Nah dengan kaki jenjang, tubuh langsing, kulit putih mulus, dengan tubuh yang sambil bergoyang, niscaya akan menarik perhatian dari publik. Apalagi ditambah dengan modern dance Korea yang terkenal ciamik. (Oh ya kami kira tarian modern Korea yang energik dengan alunan musik hip hop R n B ini terasa ketika BoA pertama kali mengguncang layar televisi kami)

Entah kenapa, bagi kami para girl band/boyband Korea begitu atau tepatnya terlalu sempurna. Kami pun ragu bahwa mereka tak melakukan operasi platik untuk penampilan yang demikian.

Ya, kami menyaksikannya sendiri. Akhir-akhir kini kami memang sering menonton acara televisi Korea. Mulai dari acara tangga musiknya, acara gosip tentang penyanyinya, dan masih banyak acara lainnya yang diisi juga oleh mereka.

Cewe hot



Baiklah, kami mulai saja dari cewe Korea. Ya, para girlband ini memang cantik dan lucu luar biasa. Kulit mereka putih, tak ada noda, mata hitam cerah, bibir mini, dan kaki jenjang. Singkatnya tubuh mereka proporsional. Jika kita lihat pada konsep kecantikan di masyarakat yang telah melek media, nampaknya kriteria cantik itu semua telah terpenuhi oleh cewek Korea tersebut.

Kemudian, percaya atau tidak, cewek ideal tersebut membuat banyak cewek lainnya begitu ingin tubuh mereka seperti tokoh idolanya. Kami kira hal ini membuat banyak wanita tersiksa baik secara mental atau material. Bayangkan berapa biaya yang dibutuhkan untuk memiliki tubuh mereka dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, ini juga bisa membuat mereka minder karena mereka pikir tubuhnya tidak seperti idolanya  di televisi.

Namun ada yang menarik dari konsep cantiknya Korea ini. Jika di barat sejak dulu konsep cantik yang dijual ialah hot, dan sebagai tandingannya, di Jepang konsep cantik yang dijual ialah kawaii (かわいい) atau cute. Maka konsep cantik yang coba dihembuskan di industri hiburan Korea ini ialah gabungan dari keduanya. Ya, aliran “sinkritis” dari Korea ini terbukti ampuh membuat showbiz di Korea menggeliat.

Jika kami lihat, cewek Korea ini cantik dan lucunya luar biasa. Cara bicara mereka, mereka tertawa dan, gesture tubuhnya. Lebih dari itu, mereka pun ternyata mampu mengeluarkan sisi “hot” mereka lewat lagu-lagu yang mereka bawakan. Dengan hentakan music RnB dan Hip Hop mereka bergoyang sensual dan membuat kami membelalakkan mata. Gesture tubuh mereka, gerakan tangan, kaki, gerak bibir, dan  lirik mata mereka seperti yang tengah menggoda lawan jenisnya.

Setelah itu penampilan mereka makin menjadi-jadi saat tubuh mereka dibungkus dengan gaun seksi yang membalut sekaligus membentuk tubuh mereka.  (ah jangankan dengan gaun seksi, hot pants, sepatu high heel, atau tank top, dengan bergaunkan sarung atau daster pun mereka akan tetap terlihat cantik kok. Iya, masih tetap cantik kok mba…beneran. Wuih…pokoknya bikin merinding lah.!) Aduh maaf jadi ngelantur! Gini nih resiko ngomongin cewek seksi. Sambil nulis imajinasi jadi belok kemana-mana.

Ok. Balik lagi ke masalah pakaian. Dengan pakaian yang menarik. Yang terbuka, atau yang tertutup (emangna jilbab tertutup) dengan padu padan yang ciamik, aksesoris yang menarik, potongan rambut yang sesuai, mereka terlihat begitu dominan di panggung dan mampu menarik dengan kuat perhatian dari audiens. Apalagi ditambah dengan tarian mereka, liak liuk tubuh, bentuk payudara yang pas, goyang pinggul, dan air muka yang ekspresif. Ffhhhhh

Nah, dengan perpaduan dari konsep cute ditambah hot tersebut, nampaknya para “wanita penghibur” tersebut sukses membuat para penonton histeris di seluruh dunia. Lihat saja SNSD, Wonder Girl, 2NE1, T-Ara, F(x), After School, Lee Hyo Ri, 4Minute dan masih banyak lainnya. Entah mungkin karena terlalu cantik atau seksi, kami kok malah jadi suka pusing jika lihat mereka di tv. Kami pribadi juga bingung, kok bisa ada cewek-cewek seperti itu di bumi yang sederhana ini. Subhanallah Sekali

Cowo cute


Setelah berbicara mengenai cewek dan girlband Korea, kini saat yang ditunggu-tunggu bagi perempuan. Ya, kini saatnya membicarakan lelaki atau boyband Korea. Nah, selain menyajikan cewek-cewek muda seksi, jago nari, dan nyanyi, Korea pun menyuguhkan cowok-cowok muda ganteng, berkulit putih, bersih, sedikit metroseksual, pandai ber-akting, trendi, sporty, jago ngedance, nyanyi, plus lihai nge rap. Dan yang paling penting mereka itu katanya LUCU. Sekumpulan grup lelaki yang membuat wanita tergila-gila hingga mampu pingsan ketika menyaksikan langsung tokoh idola mereka beraksi.

Selain jago bernyanyi, beberapa dari mereka juga amat ahli dalam berakting. Baik lewat serial drama atau film cinema mereka berakting. Selain menikmati jalan fim Korea yang seru, yang terkenal tak mudah ditebak dan penuh kejutan, kami kira para perempuan mencari film tersebut juga untuk menikmati kegantengan dari para akornya. Nah, jika dalam banyak kasus, hanya wanita yang dijadikan objek kenikmatan seksual di media, maka dalam kasus ini, cowok juga bisa jadi objek kenikmatan seksual bagi para perempuan.(dalam konteks ini kenikmatan seksual maksudnya ialah menikmati lelaki sebagai subyek yang mempu memberikan semacam kesenangan secara visual bagi para wanita)

Nah, kadang ke-ganteng-ngan dan cute-nya cowok-cowok Korea ini mambuat banyak cewek jadi gila. Pernah ketika kami tengah hotspotan, di pinggir ada dua perempuan muda yang tengah hotspotan juga. Awalnya kami  sedikit keanehan “Kok cewek di sebelah ga bisa diem? Trus kok kaya mu teriak tapi di tahan-tahan?” Akhirnya kami memutuskan untuk mencuri pandangan pada mereka. Dan tahunya, tak kami kira sebelumnya, ternyata mereka tengah menikmati kegantengan para aktor drama Korea lewat laman Youtube. “ Ih, ganteng banget!! Lucu!” Dan kalimat kekaguman lainnya yang samar-samar terucap dari dua bibir gadis di samping kami. (Mau lihat contoh histeria cewe liat cowo cute?nih liat aj komentar mereka)

Dalam hati “Gila di tempat umum aja ga bisa diem, apalagi mereka lagi sendiri, nonton di kamar! Niscaya mereka akan jerit-jerit sendiri

Contoh gilanya cewek Indonesia yang menggilai cowok Korea bahkan sempat ditonton jutaan mata lewat layar kaca. Ya di acara televisi Korea, ada acara yang menyiarakan tentang pertukaran pelajar di Ajou University, dan salah satunya ialah pelajar dari Indonesia. Diceritakan awal mula ia jatuh cinta ialah karena drama Korea dan gantengnya cowok-cowoknya. Dari situ ia mulai menggemari segala hal tentang Korea. Namun yang bikin kami malu sebagai nasionalis sejati J, ialah perilakunya saat di shoot kamera. Saking menggilai kegantengan salah satu aktor favoritnya, ia  memegang LCD laptopnya dan bilang “ Jadilah suamiku!” Dan ini ditonton oleh orang jutaan pemirsa! “ehem… Perasaan pelajar dari negara lainnya (dari Turki dan Kolombia) yang ikut di shoot juga ga ada ya se heboh dan se riweuh dia! Subhanallah…….Terlaluuuuuuu

Tapi bagi kami, rasanya ada yang kurang sregg pas menyaksikan cowok-cowok dari grup ini. “Tentu saja ga sregg. Kalau kami bilang sregg pasti kami akan dicurigai sebagai cowok apakah” Sebut saja, Big bang, T max, 2 pm, Beast, Super Junior, DBSK, SHINee, U-Kiss, MBLAQ, dan masih banyak lainnya. Ok, secara jantan dan terpaksa harus kami akui mereka memang ganteng, bertalenta, dan tentu kaya. Namun gantengnya mereka, (maaf bagi penggemarnya) bagi kami sedikit menjijikan. Ya, ganteng, cute, dan salon pula. Gantengnya agak lenyeh-lenyeh gimana gitu. Hiihh. Bagi kami kan cowok ganteng itu kan yang maskulin. Ya, kaya Sean Connery, Lorenzo Lamas, atau Harrison Ford-lah.

Sama seperti girlband, sekumpulan cowok lucu itu pun memberikan semacam jouissance kepada penggemarnya (kami yakin wanita). Tariannya, potongan rambut, lirikan mata, gerak bibir, dan liukan tubuh seksi atletisnya. Mereka menari sambil menyanyi hingga membuat  banyak wanita histeris dan mencoba menyetuh kulit mulus cowok idolanya. Astagfirullah

Namun entah sampai kapan histeria ini akan berakhir. Yang jelas, fenomena K-Pop ini baru saja menapakkan kakinya dengan kuat di seluruh dunia. Entah sampai kapan cewek hot dan cowok cute ini mengguncang layar televisi kami. Namun satu, kini Korea tengah menikmati puncak dari penyebaran kebudayaan mereka. Serupa seperti yang dilakukan oleh musuh sekaligus sahabatnya lebih dari satu dekade ke belakang, Jepang. Sekarang mereka tengah terbang tinggi di udara.

Selamat menikmati betis jenjang dan tubuh alteltis.

***

PS: favorit artis Korea kami sih (maaf aga jadul) tetep Jun Ji Hyun dan BoA…………. (taunya cuma itu aja sih)

Iklan

2 comments on “K-Pop: di Antara Betis Jenjang & Tubuh Atletis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s