Virus-Virus Nakal!

Beberapa waktu lalu kami sempat panik. Komputer kami terserang virus. Ceritanya begini. Satu malam kami kabita untuk memainkan permainan scrabble. Maklum ketika kami berkunjung dan berkumpul di tempat kawan, mereka selalu memainkan permainan ini secara beramai-ramai. Nah, karena kami tak memiliki softwarenya, kami memutuskan untuk mengunduhnya dari internet. Ukuran filenya kecil, kurang dari 10 mb. Namun baru saja file selesai di install, keanehan segera muncul. Pertama browser interenet kami tiba-tiba nge lag dan not responding. Kami coba restart dan hasilnya pun tetap sama. Nah akhirnya kami putuskan untuk mematikan komputer. Semoga seiring waktu dan terbitnya matahari, komputer kami akan sembuh dengan sendirinya

Paginya kami menghidupkan lagi komputer. Namun ketika telah memasuki desktop, tiba-tiba muncul kotak windows recovery, yang isinya memberitahukan kegagalan sistem komputer kami. Tak hanya software, namun hardwarenya pun dilaporkan gagal bekerja. Tentu kami kaget akan hal ini. Terutama kegagalan system kerja dari hardisk dan memori kami. Hah…telah terpikir biaya yang harus kami keluarkan untuk memperbaiki ini. Namun yang membuat kami ingin menangis, ialah satu partisi kami hilang. Sialnya, yang hilang ialah partisi yang berisikan dokumen, tulisan, dan sketsa-sketsa kotor berbagai tulisan, termasuk untuk blog ini.

Nah dari situ, sambil panik, kami mencoba menghubungi kawan yang ahli dalam bidang komputer. Untungnya saat komputer kami error, kami sempat memfoto keanehan di layar komputer kami lewat kamera. Jadi ketika kami memberitahu kawan akan keanehan pada komputer kami, kawan kami yang ahli di bidang komputer itu tahu apa yang terjadi di layar monitor saat komputer error. Jadi hal ini memudahkan ia untuk mendeteksi kesalahan pada komputer kami dan tindakan yang harus diambil untuk mengatasi masalah pada komputer kami.

Singkat cerita, akhirnya setelah melihatnya, kawan kami memutuskan bahwa sebaiknya komputer kami harus dibawa ke tempat reparasi komputer (aga aneh ya denger kata reparasi komputer, biasanya kan kata reparasi untuk mecin cuci, tv, kipas angin dan benda elektronik rumah tangga lainnya). Namun kami tak mau menerima anjurannya. Maklum biayanya tak bisa dibilang murah juga.

Akhirnya kami mencoba utak-atik sendiri. Dan akhirnya masalah mulai mencapai titik terang ketika akhirnya kami membuka hidden folder di control panel. Ya setelah, kami buka hidden files, ternyata satu partisi yang sempet hilang muncul kembali. Dan kami mulai mengerti bahwa file kami yang hilang teryata secara otomatis disembunyikan. Dan dari sini kami yakin ini masalah virus, bukan kegagalan hardware. Dari sini kami menyimpulkan bahwa segala notifikasi di windows recovery yang bikin merinding itu ialah hanya manipulasi dan akal-akalan dari virus yang menyerang komputer kami.

Ya, akhirnya kami melakukan install ulang windows pada komputer kami. Dan dalam hitungan beberapa jam, komputer kami kembali sehat. Huh…leganya luar biasa saat itu.

Brengseknya baru beberapa jam komputer kami kembali terkena virus dari internet. Untung saja kali ini tak berdampak besar. Sejak saat itu hingga kini, kami masih sedikit takut untuk mengunduh file dari internet. (bahkan kami belum berani update firefox kami ke versi yang paling baru :D)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s