Orang Zulu

Kami menemukan buku ini di tumpukan lemari kami. Sekitar 4-5 tahun yang lalu kami mengkopi buku ini, namun sayangnya belum pernah sampai tamat kami memabacanya. Akhirnya kali ini kami mampu membacanya. Judul buku ini ialah The Zulu of South Africa –Cattlemen, Farmers, and Warriors. Walau buku ini merupakan terbitan tua,yakni tahun 1970, namun buku setebal 152 halaman ini mampu memberikan gambaran menyeluruh bagi orang awam tentang siapa dan bagaimana kehidupan Orang Zulu di Afrika Selatan.

Walau ceritanya tak bisa dibilang mendalam, namun deskripsi penulisnya—Sonia Bleeker, membuat buku ini benar-benar hidup. Tulisannya sederhana saja namun deskripsinya begitu indah.

Namun dalam kesempatan ini kami tak akan menceritakan ulang tentang seluruh isi buku tersebut. Kali ini kami hanya  akan membahas dan menggambarkan ulang tentang mitos dan legenda yang hidup di orang zulu.

Suku Zulu ini  hidup di daerah Afrika Selatan. Para peneliti memperkirakan mereka tiba di wilayah ini sekitar 10.000 tahun yang lalu. Mereka temasuk golongan nomaden. Mereka berpindah sesuai musim. Mereka menggembalakan ternaknya, berpindah dari satu dataran luas yang penuh rumput ke dataran subur lainnya.  Namun seiring dengan semakin banyaknya penduduk dan ketersediaan makananan sepanjang tahun, maka mereka akhirnya menetap

Mereka tinggal di gubuk, berbentuk lingkaran—dikenal dengan nama Kraal (Pemberian nama oleh orang Boer). Tiap kraal terdiri dari beberapa gubuk tempat satu kelompok tinggal bersama hewan ternaknya) Untuk memenuhi kebutuhan makannya, mereka memburu hewan untuk dimakan dalam kelompoknya. Para wanitanya bekerja di kebun, mengumpulkan jerami dan cabang pohon untuk memperbaiki gubuknya dan anak wanitanya mencari kayu bakar. Sedangkan para pria dewasa, di luar waktu berburu mereka, mereka terkadang menciptakan berbagai benda seni dari kayu, bulu, atau kulit untuk ditukar dengan kebutuhan mereka.

Nah kira-kira itulah gambaran singkat tentang orang Zulu. Maaf, sebenarnya bannyak yang menarik tentang orang Zulu ini, namun entah kenapa kami lebih tertarik untuk fokus dalam menggambarkan ulang mitos-mitos dan legenda yang hidup di orang Zulu. Maka tulisan kami selanjutnya akan membahas tentang mitos dan legenda yang hidup di orang Zulu.

***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s