Baju Andalan

Pernah mendengar istilah baju andalan, celana andalan, sepatu andalan, atau bahkan kolor andalan? Kalau kami mengenal begitu baik karena kami memiliki baju andalan dan celana andalan.Tapi tunggu dulu, sebaiknya kami jelaskan dulu apa itu baju,celana,sepatu andalan tersebut. Benda andalan tersebut dapat diartikan sebagai benda yang selalu kita pakai atau kenakan karena kita telah begitu terbiasa dan nyaman saat menggunakannya. Tak peduli rupa fisiknya yang tak lagi enak dipandang namun karena faktor nyaman tersebut kita masih tetap memakainya.

Mungkin, kalian atau teman mempunya banyak pakaian. Baju, celana, sepatu atau topi. Namun dalam banyak kesempatan dan dalam kesehariannya, mereka hanya memakai pakaian yang itu-itu saja. Memakai baju yang belel, celana yang sobek, topi yang sedikit bau atau sepatu yang rombeng. Nah inilah yang kami namakan produk andalan. Tak peduli apa kata orang, yang penting asyik dan nyaman untuk dipakai.

Nah, kami pun termasuk orang yang memiliki barang andalan. Kami biasa menggunakan celana pendek hitam yang nyaman. Celana pendek yg berbahan kain yang biasa digunakan anak SMA untuk pelajaran olahraga. Celana pendek itu telah kami kenakan bertahun-tahun. Ya, telah kami pakai sejak awal kami masuk SMA. Dan hingga kini bentuknya masih relatif bagus. Hanya pernah diganti tali karetnya saja sebanyak dua kali.

Tentu kami masih memiliki celana pendek lainnya. Walau kami bukan termasuk golongan manusia yang membeli kebutuhan sandang secara rutin, namun persediaan celana pendek kami cukup banyak. Tapi faktanya, untuk keseharian, celana yang kami pakai, ya yang itu-itu saja. Celana pendek berwarna hitam yang kumal

Entah kenapa untuk keseharian, saat tengah bersantai dirumah, kenyamanan pakaian sangat dibutuhkan. Saat dari pagi bahkan hingga malam, pakaian yang nyaman di tubuh amatlah dibutuhkan. Ya, disinilah kenyamanan suatu pakaian akan diuji. Jika untuk acara tertentu kalian memiliki baju khusus, untuk pesta, hang out, atau untuk ke undangan, kalian pasti memilih baju terbaik dan ternyaman yang akan dikenakan. Namun tetap saja, baju tersebut hanya akan terasa nyaman selama beberapa jam saat acara tertentu. Setelah itu, segera ketika acara usai dan tiba di rumah, maka pakaian andalan akan segera dikenakan. Pakaian anda sebenarnya yang nyaman, yang adem dan asyik saat kalian berdiam diri di rumah, membaca koran, tidur-tiduran nonton teve, duduk-duduk santai, atau tengah menyelesaikan pekerjaan di depan monitor komputer.

Ya, mengingat banyak aktivitas kami yang dihabiskan dirumah untuk bersantai, maka pakaian nyaman amatlah dibutuhkan. Belasan jam kami dapat diam di rumah, bersantai-santai. Nah, pakaian andalan amatlah dibutuhkan. Memang bahan kain dari celana pendek kami bukanlah bahan yang lembut, namun mungkin karena telah terbiasa, bahannya jadi begitu lembut dan nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu, kami pikir pakaian andalan kalian bukanlah pakaian termahal atau cukup mahal yang pernah kalian beli. Masih banyak pakaian mahal bertumpuk di lemari anda. Namun entah mengapa ada pakaian yang harganya murah dan kalian lupa dibeli di mana, yang menjadi pakaian andalan. Pakaian tempur yang menjadi andalan untuk dipakai sehari-hari.

Begitupun dengan kaos. Jika kami di rumah, kaos yang kami pakai, ya kaos yang itu-itu saja. Kebetulan kami memiliki tiga atau empat kaos andalan untuk dipakai di rumah. Dua kaos dengan corak yang sama, dua sisanya berbeda. Jadi, dalam seminggu, ya kaos itu-itu saja yang kami pakai. Setiap kaos andalan yang telah dicuci, yang baru menumpuk di tumpukan atas lemari pakaian, esoknya kami langsung pakai lagi. Jadi ditumpukan teratas lemari pakaian kami adalah empat kaos andalan kami. Kaos-kaos kami sisanya hanya “tidur” di lemari hingga berbau kamper dan apek karena tak pernah kami kenakan.

Bahkan karena pakaian yang kami pakai yang itu-itu saja, kawan kami pun kerap bertanya dengan setengah ngece “Kamu pake baju kok itu-itu saja? Ga punya baju lain ya? Nanti lah saya belikan kamu baju..

Brengsek! Jawab kami dalam hati

Namun, pertanyaan tersebut tentu tak terlalu akan kami anggap. Tak apalah orang berkata aneh-aneh. Terserah apa kata mereka. Yang penting kami memakai pakaian andalan yang walaupun kumal, namun bersih karena rutin kami cuci. Dan yang terpenting kami merasa nyaman saat mengenakannya di rumah. Tak merasa gatal-gatal, terasa lembut dibadan, adem, dan tak ada logo merek baju yang terasa menusuk di belakang punduk. Nah itulah esensi dari pakaian andalan.

Selain dari pakaian, mungkin kalian punya produk andalan lain. Mungkin sepatu, kaos kaki, mobil andalan, motor andalan, tas andalan atau sarung andalan. Apapun itu yang namanya barang andalan, biasanya ia telah lama digunakan, dan karenanya akan terasa nyaman dan selain itu ada banyak kisah atau mungkin sejarah perjalanan hidup di balik produk andalan tersebut. Nah karena itu mungkin barang andalan menjadi lebih berharga daripada barang mahal sebelumnya yang yang pernah kalian beli.

Jadi karena barang andalan ini berkaitan langsung dengan kenyamanan, maka ketika misalnya baju andalan kami sobek, maka kami akan sulit untuk menemukan baju andalan penggantinya. Percaya atau tidak, baju andalan bagi kami ialah baju nyaman yang sulit tergantikan oleh kaos lainnya.

***

Iklan

One comment on “Baju Andalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s