Unyu-Unyu? Makhluk apakah Itu?

“Awalnya kami kira Unyu-Unyu itu ada hubungannya dengan penyu atau masih satu spesies dengan Penyu!”

Kami selalu kebingungan dengan fenomena bahasa/ kata informal yang hadir di sekitar, termasuk juga lahirnya kata UNYU-UNYU! Pertama kali kami menemukan kata tersebut ialah dari buku yang menceritakan tentang cowok korea. Korea selatan tentunya. Penulis buku itu menulis bahwa ternyata cowok korea tidak se unyu seperti yang biasa dilihat di tv. Cowok korea di korea sana tak seperti apa yang kerap dilihat dan dicitrakan oleh film dan boyband korea.

Nah, jadi apa itu unyu-unyu? Setelah kami sering menemukan kata unyu di berbagai tulisan atau di forum internet, lama-kelamaan kami mengerti apa maksud dari unyu-unyu. Mungkin secara garis besar unyu-unyu ialah kata lain dari lucu. Ganteng dan lucu. Dan kata ini ditujukan bagi pria. Jadi ketika ada perempuan yang histeris berkata unyu-unyu, maka kemungkinan ia tengah terkesima dengan kegantengan dan lucunya cowok yang tengah ia pandang.

Tapi, darimana kata unyu-unyu tersebut bisa hadir? Nah, kata ini kemungkinan hadir dan menyebar karena dipicu oleh menjamurnya K-Pop di mata dan telinga anak muda Indonesia. Lalu mengapa K-Pop? Bukan J-pop, I-pop atau pop-pop lainnya. Mmm mungkin karena K-pop ini menjual citra tentang cowok lucu, ganteng, plus pandai nge-dance lewat boyband atau serial dramanya.

Lihat saja bagaimana cowok yang tampil dalam banyak boyband korea mewujud sebagai cowok yang ganteng lucu, imut, energik dan kulit yang bersih. Nah responnya banyak cewek di Indonesia yang banyak tergila-gila dengan mereka. Coba perempuan indonesia hanya mendengarkan suara mereka, tak melihat wajah pemuda korea tersebut lewat video klip atau drama. Niscaya mereka tak akan telalu gemar dengan budaya korea. Dan kata unyu-unyu pun mungkin tak akan ada.

Selain itu fenomena tergila-gilanya cewek akan kegantengan cowok korea dapat menjadi bukti bahwa “voyeurism” dapat pula dilakukan oleh perempuan. Dan pria pun ternyata menjadi objek seksualitas bagi perempuan. Atau setidaknya fenomena menikmati ke-gantengan pria terbukti dapat memberikan semacam jouissance bagi perempuan. Apalagi melihat cowok yang ganteng nan lucu.

Memang kata unyu-unyu banyak hadir dalam perbincangan tentang cowok korea. Dan ini sekaligus menjadi bukti bahwa bahasa juga merupakan bagian dari gejala sosial. Kata ini hadir sebagai respon akan menjamurnya budaya popular korea di Indonesia. Kata ini seperti mampu membahasakan tentang sesuatu (cowok) yang (sangat) lucu. Karena mungkin kata “lucu” saja tak cukup untuk membahasakan dan menyimbolkan cowok-cowok lucu masa kini. Dan akhirnya kata ini dikomunikasikan, disebarkan, dan coba untuk disepakati oleh golongan tertentu dalam masyarakat bahwa kata “unyu-unyu” memiliki suatu arti tertentu.

Respon Bahasa

Namun kenapa secara bentuk kebahasaan (morfologi) kata lucu, imut ini dapat menelurkan dan bertransformasi menjadi kata unyu-unyu. Tidak ucu-ucu, emut-emut, atau kata lainnya yang belum terdapat di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pertama, hubungan antara bahasa sebagai simbol dengan maknanya dapat terjadi secara acak, arbitrer atau sekenanya. Jadi arti kata unyu-unyu sebenarnya dapat diganti dengan kata lainnya dengan tak merubah maknanya.

Kedua, mungkin karena memiki pelafalan yang serupa. (walau sebenanya tidak juga!) Lucu dan unyu mungkin terdengar serupa ketika dilafalkan. Mungkin seperti kata bapak yang menjadi kata bokap atau lugu menjadi cupu. Dan yang ketiga, yang menyebabkan perubahan sintaksis ini mungkin karena ketika dilafalkan unyu-unyu terdengar catchy atau bahkan terkesan lucu. Walau bagi kami kata unyu-unyu ini sedikit menjijikan.

Nah, dari fenomena “unyu-unyu” ini ternyata membuktikan bahwa memang bahasa begitu dinamis terhadap berbagai perkembangan yang terjadi. Contohnya saja, kata LOL (Laughter Out Loud) yang sering digunakan di internet, kini telah masuk dalam kamus Oxford edisi terbaru. Nah siapa tau kata unyu-unyu masuk dalalm KBBI edisi baru yang belum tersempurnakan. Yah, siapa tau…..

Akhirnya, di akhir tulisan ini ,setelah kami hampir muntah karena begitu banyaknya kata unyu-unyu yang kami ketik, semoga tulisan ini sedikit bermanfaat. Setidaknya jika ada orang yang berkata unyu-unyu kita tahu bahwa itu artinya lucu. Bukan sebangsa penyu atau sejenisnya. Jadi kita bisa dianggap agak gaul, sedikit alay, dan bisa nyambung ketika ada yang ngomong unyu-unyu.

Ok. Sekian saja tulisan dari kami.

Salam dari kami, cowok unyu-unyu!wkwkwkwkkw…………….


***


Iklan

One comment on “Unyu-Unyu? Makhluk apakah Itu?

  1. Kamu tulisannya unyuuuuuuuu deh.
    Etapi ya, sebenernya saya kurang setuju kalau mas-mas dengan rambut poni miring lepek atau mbak-mbak dengan rambut dilurusin yang kalau ngomong suka pake angka dan huruf gede kecil karena kreatif itu disebut alay. karena alay hanya milik anak-anak yang doyan main layangan. ALAY = Anak LAYangan.

    Cheers
    TranceButton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s