Mengapa Indomie Amat Digilai?

Beberapa bulan yang lalu, ketika indomie ramai diperbincangkan karena dilarang peredarannya di Taiwan, kami sempat menulis tentang fenomena tersebut. Bahkan setelah itu, indomie malah banyak diperbincangkan. Dimulai dengan hadirnya video klip rapper Nigeria tentang indomie. Menceritakan bagaimana nikmatnya indomie, hingga ia mengkonsumsinya setiap hari, sehari dua kali. Bahkan di video klip tersebut satu bagasi mobil mercy rappernya isinya penuh dengan indomie. Luar biasa! Selain itu banyak pula video-video lucu tentang indomie yang di upload oleh orang luar negeri lewat Youtube.

Kini indomie ramai diperbincangkan lagi karena iklan terbarunya tentang “apa ceritamu tentang indomie?” Inilah bunyi iklan indomie:

“Waktu gue beasiswa di Rende italia, yang paling gua kangenin, ya indomie. Soalnya di sini gue cari kemana-mana ga ada yang jual! Untungnya ketemu promo ini. Gue belain jauh-jauuuuuuuh ke belanda. Cuma buat beli indomie

Itu ceritaku. Apa ceritamu?”

Nah ternyata iklan tersebut banyak mendapat respon, terutama di internet. Banyak yang menuliskan kisah mereka tentang indomie dan tak sedikit pula yang memplesetkan iklan tersebut hingga terdengar lucu. Nah, sekarang kami pun tak ingin ketinggalan menceritakan sejuta kisah kami tentang indomie. Ini cerita kami:

“Waktu gueh beasiswa di itali, gue sering kebangun tengah malem. Gue coba cari indomie di lemari, tapi ga ada. Eh, akhirnya gue bener-bener kebangun di pagi hari, kalo kuliah di itali tadi cuma mimpi. Baru gue sadar kalo sekolah itu mahal dan akhirnya gue cuma bisa dagang indomie di  pinggir jalan.

Itu Ceritaku. Apa ceritamu?”

Selain itu ada lagi cerita kami tentang indomie

“Hampir setiap hari gue makan indomie. Mau pagi, malem, siang, panas, hujan ato turun salju, pasti indomie. Dimana pun, kapanpun selalu ada waktu buat indomie. Tapi semenjak gue susah boker di pagi hari, sejak maag gue jadi kronis, gue sekarang jadi benci ama indomie.

Itu ceritaku. Apa ceritamu?”

Ya itulah kisah-kisah kami tentang indomie. Namun yang harus diperhatikan ialah mengapa orang begitu gemar dengan indomie. Dan mengapa indomie begitu popular di anah air. Setelah coba kami telisik, akhirnya kami menemukan alasannya.

Pertama indomie harganya super murah. Bahkan di luar negeri sana, indomie katanya tergolong paling murah di antara mie instan lainnya. Kedua ialah indomie penuh cita rasa. Karena produk Indonesia jadi kekayaan rasa, manis pedas, asin dan asam begitu kentara di produk ini. Bisa dibilang indomie kaya rasa bola dibanding mie lainnya, apalagi di luar negeri sana dimana mie instan rasanya cenderung hambar (tapi gizinya lebih tinggi). Selain itu tentu saja indomie praktis untuk di makan. Tinggal direbus di air panas beberapa menit, masukkan saus di piring, aduk saus hingga merata di mienya, kemudian indomie siap di santap.

Nah, kombinasi dari murah, kaya rasa, dan praktis itulah yang akhirnya membuat indomie begitu populer, apalagi di tanah air yang hampir 15% penduduknya berada di garis kemiskinan. Namun yang tak kalah menentukan kepopuleran indomie ialah kekuatan modalnya, salah satunya lewat iklannya. Sejak tahun 1993 indomie telah mewarnai iklan di televisi Indonesia. Hasilnya kini ia begitu populer.

Produk (citra) indomie telah seperti mobil kijang, carry, honda atau aqua. Nama produk tersebut, karena telah sejak lama didengar di telinga, maka kemudian menjadi sebuah perwakilan (metonimi) akan barang yang serupa. Misalnya kita hendak membeli air mineral, walau kita tak membeli merek aqua, namun kita bilangnya “Mas ada aqua?” Begitu juga ketika hendak membeli mie instan. Kita cenderung berkata “Mas indomienya dong satu!” Walau penjualnya sebenarnya tak menjual mie instan merek Indomie. Nah yag mungkin disebut sebagai kekuatan iklan. Lama-kelamaan ia mampu melekat di banyak orang. Merubah pola pikir seseorang akan sesuatu. Mungkin indomie tak akan seperti saat ini jika tak sejak lama ia membuat iklan di televisi.Itu juga yang rasanya membuat mie lainnya seperti mie sedap (yang baru anak kemaren sore) atau sarimi tak mampu bersaing dengan indomie.

Nah, mengerti kan kenapa indomie begitu digilai. Sekarang, ceritakan apa ceritamu tentang indomie?

 ***

Tulisan Terkait: ♫ Indomie Seleraku ♪

5 comments on “Mengapa Indomie Amat Digilai?

  1. Ping-balik: Pengantar Memahami Indomie | PERGURUAN MENULIS–aliran bebas

  2. Waktu aku kuliah di Jatinangor, Jawa barat (tanpa beasiswa, spmb pun ikut 2 kali). Yang paling aku kangenin ya kiriman kakak aku. Soalnya tiap kali dia lupa ngirim, pasti aku cari uang koin yang nyempil di ujung meja belajar, lantai kamar, sampai celana jeans biar bisa beli Indomie. Indomie selalu ada disaat uangku mepet.

    Ini ceritaku, apa ceritamu?

Tinggalkan Balasan

