Ketika Girlband Korea Jualan Beras dan Hasil Tani lainnya

Kadang-kadang kami memang suka nonton acara gosip. Nah kebetulan beberapa waktu yang lalu kami menonton acara yang membahas tentang bisnis hiburan pertunjukan di korea. Ya standar lah, yang dibahas ga jauh sama cek n ricek, insert, kiss, status selebriti atau kasak-kusuk. Tapi aga beda sedikit lah sama silet. Nah ketika kami menonton memang acaranya sedang membahas tentang Busan International Film Festival (BIFF).

Dan tentu kegiatan, gossip, dan segala tektek-bengek girlband/boyband masih menjadi berita utama dalam infortainment seperti ini. Bahkan rasanya porsi berita tentang film korea masih di bawah berita tentang boy/girlband ini. Lalu, dalam salah satu liputan mereka yang menarik kami ialah cowok unyu-unyu dan cewe seksi tersebut ternyata banyak yang dijadikan duta/ambassador bagi suatu lembaga, lembaga pemerintahan lagi..! Ya grup boy/girlband ini dijadikan duta bagi dinas/lembaga tertentu di pemerintahan Korea Selatan.

Dari sini kami sedikit kaget, bahwa begitu besarnya dan begitu terkenalnya nama dari satu girl/boyband hingga mereka dijadikan duta satu lembaga pemerintahan. Dan dalam hal ini memang music pop korea tengah menikmati puncak popularitasnya, bahkan di seluruh dunia. Maka, tak salah juga mereka ditunjuk sebagai duta suatu lembaga.

Dalam acara itu kami melihat aktivitas mereka dan berlomba untuk menjadi idol pertanian. Apa itu idol pertanian? Kami pun kurang ngerti sih. Tapi kynya mereka melakukan semacam reality show yang melibatkan aktivitas pertanian di dalamnya. Oh ya, tapi ini reality show nya ga ada marah-marahan atau nagis-nangisan ala reality show Indonesia lho……

Dalam acara ini ternyata diberitakan bahwa girlband Wonder Girl dipilih menjadi duta pertanian Korea. Jadi mereka menjadi ikon dan wakil demi menjual dan meningkatkan ekspor pertanian Korea Selatan. Sebelumnya, denger-denger, mereka pun telah menjadi duta makanan Korea Selatan untuk diperkenalkan ke seluruh dunia. Wuh…emang ya K Wave lagi bener-bener di atas daun….ckckc.. sampe popstar dijadikan duta pertanian nasional Korea Selatan.

Beberapa minggu ke belakangnya, kami juga sempat mendengar bahwa girlband lainnya, kalo ga salah namanya T-ara dijadikan duta/ambassador bagi lembaga bea cukai Korea Selatan. Ckckck… Padahal kami pikir tak terlalu banyak masalah dengan kepabean-nan di Korea Selatan. Tapi tetap saja mereka merekrut sebuah girlband yang notabene terkenal. Yah,…inilah realitanya. Kata T-ara nya “kami akan membagikan barang penyelundupan ke Korea kepada rakyat yang membutuhkannya”

Coba di Indonesia?

Kalo dibandingin dengan di sini, memang banyak juga sih yang merekrut artis, tapi bukan benar-benar sebagai duta resmi, dan menggunakannya sebagai pemeran dalam promosi dalam iklan layanan masyarakat di televisi. Bintangnya ga jauh dari pelawak dan pelawak. Baik perlawak terkenal atau pelawak setengah terkenal. Kami pun tak mengerti maksud penggunaan pelawak ini sebagai bintangnya? Apa kesadaran masyarakat bisa tergugah dengan kehadiran mereka? Entahlah….. Apalagi ada provinsi yang kadang nekat yakni menjadikan gubernur, dan sejenisnya sebagai bintang tunggal dalam promosi provinsinya lewat iklan layar kaca. Kami sih aga yakin pasti itu cuma buang-buang duit aja. Sekalian narsis juga lah kepala pemerintahannya

Yang jelas, mau di bidang pertanian, kelautan, penggunaan gas, atau bidang lainnya pasti sebagian besar menggunakan jasa pelawak.Lagu pula kita kan banyaknya menggunakan banyak Miss-Miss sebagai duta apalah. Coba pake artis rada terkenal, misalnya krisdayanti, ungu, atau wali band yang dijadikan duta persahabatan atau duta seni kebudayaan musik Indonesia. Bisa juga pake Anggun C Sasmi sebagai duta apalah, buat Perancis. Daripada Anggun cuma dipake iklan shampoo hayoo….atau kangen band juga bisa buat promosi kebudayaan melayu di negeri orang, juga band Raja yang dari Kalimantan dijadikan sebagai duta Orang Utan…Yah siapa tahu………siapa tahu…

Trus bagaimana dengan dengan girl/boyband di Indonesia yang lagi tren, yang ngekor dari boy/girlband negeri Kimchi model Toedjoeh Aikon, ceriberi, smas, atau maksimal lima? Apakah bisa dijadikan duta juga? Mmm, kayanya belum bisa deh… Pendapat dari kami sih, mereka harus belajar nyanyi sambil nari dulu aja…jangan lipsynch….tingkatin juga stamina..biar ga engap-engapan pas nyanyi sambil nari di panggung

… daripada maksain tapi nanti akhirnya “Ga, Ga, Gakuat…Ga, Ga, Ga kUat!”

***

PS: Oh ya kami suka lho iklan layanan dari BKKBN tentang keluarga berencana yang dibintangi oleh Shireen Sungkar & Teuku Wisnu! Enak sih lagu backsound musiknya………..apalagi pas di bagian “ Jangan hamil cepat-cepat,jangan lahir repat-rapat…”

Iklan

3 comments on “Ketika Girlband Korea Jualan Beras dan Hasil Tani lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s