Etika Saat di Bis DAMRI

Baca kisah-kisah unik di DAMRI dengan klik gambar di atas


Kami kerap kesal dengan perilaku penumpang DAMRI. Entah kenapa mereka sepertinya mau menang dan enak sendiri. Ya perilaku ini memang katanya khas perilaku orang indonsia atau juga mungkin perilaku negara berkembang lainnya. Nah inilah hal-hal penting yang harus diperhatikan saat di DAMRI:

Stoplah damri dan naik ke pintu damri saat bis telah berhenti. Jangan kalian naik ke pintu saat bis masih setengah berjalan, karena kalian bisa terjatuh dan tentu ini berbahaya. Terlebih dari itu pasti kalian akan malu saat masuk ke bis, karena seluruh mata di bis memandang kalian dengan wajah sedih sambil setengah terkekeh.

Nurut apa kata kondektur. Kondektur itu KM kalian saat di bus. Jadi apapun anjurannya dituruti saja. Misal, kalian disuruh bergeser kedepan atau ke belakang, begitu pula saat kalian disuruh duduk atau memberikan tempat duduk pada penumpang lainnya. Kalian harus nurut, karena kelancaran perjalanan dan kenyamanan di bis ada diperintah kondektur.

Beri tempat duduk pada yang lebih tua. Maksudnya ketika kalian telah terlebih dahulu duduk dan ada barak-ibut2 yang tak kebagian duduk, kalian harus dengan lapang dada memberikantempat duduki pada si ibu. Jangan pura-pura sibuk, pura-pura sakit, apalagi pura-pura tidur.

Jangan suka ngerebut tempat orang. ketika kalian naik damri dan tak kebagian tempat duduk, kalian pasti berdiri. Dan jika kemudian ada penumpang yang turun, sehingga menyisakan satu kursi kosong, janganlah langsung bergegas ke kursi tersebut. Lihat sekitar, mungkin saja ada penumpang yang tak kebagian tempat duduk dan telah berdiri lebih lama dari kalian. Jadi, jangan suka mau enak sendiri dan menjadi sok manja karena pegel lama-lama berdiri di damri. Di belakang kalian masih ada orang yang bahkan telah berdiri hampir sepanjang perjalanan.

Pelankan suara ketika menerima telepon. Kami yakin tak semua penumpang bis ingin mendengarkan percapakapan anda di telepon. Sebaliknya anda juga bisa malu karena topik pembicaraa anda yang privat terdengar seantero bus dari depan sampai belakang.

*      tambahan dari bang aep: tidak marah2 sama supir dan kondektur yang sedang mengganti ban gara2 bocor di tengah-tengah jalan tol, sehingga menyebabkan anda terlambat

Nah itu lah etika yang harus diperhatikan di bis. Jika kalian ada tambahan silahkan tambahkan di komen, niscaya tulisan di atas akan kami edit lagi dengan ditambah masukan dari kalian 😀

***

baca juga ttg kisah menarik seputar DAMRI

DI BLOG INI

ps: Kami sangat sangat sangat menyukai blog dan tulisan tersebut, terutama ttg DAMRI

Iklan

3 comments on “Etika Saat di Bis DAMRI

  1. tambahan: tidak marah2 sama supir dan kondektur yang sedang mengganti ban gara2 bocor di tengah-tengah jalan tol, gara-gara anda terlambat..
    harusnya kita sudah memperhitungkan kejadian tidak terduga seperti ini kan (yah ini damri,kawan).. kasian kan supir dan kondektur nya aja sudah berpeluh keringat becampur oli mengganti ban yg segede gaban..
    hehehehe

  2. bener bgt…jgn suka marah sama supir n kondekturnya gara-gara sekedul anda terganggu akibat ban DAMRI bocor di jalan….ada penumpang ky gitu mah sy aja k gelut aja lah……..hahahhha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s