Fungsi Karcis Pada Bis DAMRI

Berdasarkan pengalaman kami, saat menaiki bis DAMRI memang seringkali tak diberi karcis. Hanya beberapa kali kami diberi karcis saat nge-DAMRI. Dan Hal ini membuat kami penasaran. Akhinya, setelah kami bertanya pada kondektur yang memberiikan karcis, kami pun memperoleh kenapa ia membagikan karcis dan fungsi karcis itu sendiri. Dan inilah fungsi dari karcis DAMRI:

  • Biar Aman. Ya bagi penumpang aman dan bagi kondektur aman. Ya mengikuti prosedur lah
  • Bagi penumpang, sebagai bukti ia benar-benar naik DAMRI. Hal ini tentunya berguna bagi pegawai yang ongkos atau ada dinas apapun yang uang transportnya ditanggung. Dengan karcis ia dapat dengan mudah menyerahkan karcis sebagai bukti kepada boss-nya dan mendapat ganti uang perjalanannya.
  • Bagi Kondektur, karcis meminimalisir dalam melewatkan untuk menagih uang ongkos pada penumpang. Jadi ga ad penumpang yang kelewatan dan lupa ditagih. Karena ia bisa menghitung jumlah karcis yang ia sobek pada waktu itu.Dengan melihat perbandingan pada berapa karcis yang ia sobek, dan berapa jumlah penumpang saat itu. FYI, di karcis itu ada nomor serinya, dan tiga nomor akhir itu menunjukkan pada jumlah karcis yang telah diberikan pada penumpang.
  • Meminimalisir penumpang yang suka berbohong. Ya dengan dibagikannya karcis, penumpang yang pura-pura telah bayar ongkos dapat dilacak, dengan dipinta bukti karcisnya.
  • Bagi kondektur, hal ini memudahkan saat ia menyerahkan setoran kepada boss. Kondektur pun tak akan dicurigai telah “ini-itu” terhadap setoran Dan boss pun tahu jumlah setoran yang sebenarnya karena bukti karcis yang terjual tersebut. Dengan ini tindak korupsi bisa ditekan
  • Memudahkan pegawai DAMRI yang bertugas dalam mengecek penumpang. Ya, setiap perjalanan damri  biasanya ada check poin dimana setia damri berhenti di duatu tempat dan dicek oleh pegawainya. Dengan itu kerja merekalebih mudah denga cukup melihat pada jumlah karcis yang telah disobek oleh si kondektur.
  • Sebagai memorabilia. Percaya atau tidak, ketika anda telah begitu sering meniki damri dan suatu saat anda jarang menaikinya lagi, karcis damri dapat memberikan banyak kenangan di dalamnya. Ya selembar karcis damri tersebut mamu menggugah banyak cerita dan kenangan saat anda dulu menjadi penumpang damri.
  • Sebagai benda koleksi. Bagi pecinta bus, karcis ialah benda yang harus dimiliki dan disimpan rapih layaknya pecinta filateli menyimpan rapih prangko-prangkonya. Tiket damri ini, bagi mereka juga sebagai bukti dan track record bis apa saja yang telah mereka naiki.

Nah itulah fungsi karcis bis DAMRI, terutama bis dalam kota, yang kami dapat setelah mengobrol dengan sang kondektur sepanjang perjalanan. Mungkin kalian memiliki pengalaman tentang karcis atau fungsi lainnya dari karcis damri, silahkan berbagi, isi komentar di bawah, dan dengan senang hati kami akan memperbaiki tulisan kami dengan menambah masukan ide dari kalian.

Iklan

2 comments on “Fungsi Karcis Pada Bis DAMRI

  1. yaa… memang udah jarang banget kondektur yg ngasih karcis (bo, gw gitu sebagai pelanggan damri ampir 6 tahun, hahaha.. suka dukanya terasa banget). Saya sampe hafal muka kondektur sama sopirnya, saya tahu siapa yg kerap kali suka ngasihin karcis. Nah, yg jadi pertanyaan adalah… kondektur yg ga ngasihin karcis itu, bagaimana pertanggungjawabannya… bukahkah karcis adalah bukti? ataukah para kondektur itu sengene merobek karcis? Dulu, Damri AC wajib menggunakan karcis, sekarang tidak lagi karena hampir semua Damri kini ber-AC. Well.. memang kenangan banget deh karcis DAMRI… pernah denger ga, ada org yg ngumpulin karcis kereta api parahyangan (karena pacarnya di Bandung, dan dirinya kerja di Jakarta, sehingga cuma bisa pulang weekend buat malam mingguan). Jauh sebelum ada tol cipularang, ia melakukan aktivitas bolak-balik Bandung selama lebih dari 2tahun.. sampai akhirnya menikah.. dan pada pernikahannya, mas kawin adalah beratus tisue basah KA Parahyangan… hmmm, makanya tuh orang sedih banget waktu jalur bandung-gambir KA Parahyangan itu akhirnya ditutup. hehehehhe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s