Kata Yang Sering Muncul di Lirik Lagu Cinta

Saat mendengar musik dengan tema cinta, kata orang kata/liriknya itu-itu saja. Ya, di lagu-lagu ttg cinta (cinta romantis) ada banyak sekali pengulangan kata. Dan inilah kata-kata yang sering kalian dengar namun (mungkin) tak kalian sadari:

  • Tuhan. Entah kenapa tuhan banyak disebut dalam lagu cinta. Tentu saja Tuhan yang mengatur jodoh kita. Tapi rasanya banyak yang lebih menyalahkan, merengek dan meminta terlalu banyak pada tuhan perihal cinta. Disini, nampaknya Tuhan dapat memoderasi hubungan cinta mereka
  • Pergi. Dalam cinta sepasang kekasih pergi, di lagu pop cenderung bermakna negatif. Pergi untuk kembali lah, pergi meninggalkanku,pergi tanpa kembali, pergi tanpa pesan dan pergi lainnya yang membuat sang pacar galau dan berlingan air mata. Jarang ada lirik pergi ke masjid bareng. Atau paling gembira ialah pergi ke bioskop dari Naif.
  • Alam. Ya langit, bulan, bintang pasti dilibatkan dalam kisah percintaan seseorang. Nampaknya cinta itu bagian dari komponen ekosistem di bumi. Tak ada cinta maka ekosistem dapat terganggu, habitat rusak, rantai makanan putus dan lainnya. Cinta sudah seperti komponen abiota
  • Menunggu. Cinta itu seperti membeli tiket saat mudik mudik, terkadang harus menunggu, lama sekali menunggu, dan tak jarang diakhirnya kita tak mendapat tiket tersebut. Begitu pula dengan cinta dua pasangan, terakadang salah satu/keduanya saling menunggu.
  • Mengerti/tidak mengerti. Kata ini dipakai dalam banyak lagu untuk menyatakan atau menanyakan komitmen dan perasaan kita terhadap seseorang. Katanya kegagalan dalam membina hubungan karena tak saling mengerti. Tapi kami tak tahu juga, yang kami tahu kata tersebut banyak terdapat dillirik lagu.

Tentu selain kata diatas ada kata lainnya yang (hampir) pasti ada di lirik lagu cinta seperti kata cinta, sayang, dirimu diriku dan lainnya. Nah, jika kalian punya kata lainnya boleh juga di share lewat komen

Iklan

2011 in review

Ini ialah statistik blog kami sepanjang tahun. Banyak data yang salah karena data di bulan November dan Desember ternyata tak kena hitung. padahal peek performance kami ada dibulan-bulan itu :(. tapi tak apa, kami baru tahu di wordpress ada feature seperti ini. maka kami mempublikasikannya di postingan kami. Silahkan diliat:

The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2011 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

A New York City subway train holds 1,200 people. This blog was viewed about 4,300 times in 2011. If it were a NYC subway train, it would take about 4 trips to carry that many people.

Click here to see the complete report.

Makanan Yang Dibeli Saat Malam Tahun Baru

Ketika kami membeli sebungkus roti di malam tahun baru, kami harus mengantri panjang hingga ke kasir. Dan ketika kami melihat keranjang belanjaan konsumen lainnya, kami sadar bahwa mereka membeli makanan special untuk malam tahun baru. Dan menurut penglihatan kami makanan inilah yang dibeli untuk merayakan tahun baru:

  • Jagung. Ya jagung banyak digunakan sebagai makanan saat berkumpul hangat bareng keluarga atau kawan. Jagung menjadi pilihan umum untuk mengisi perut setelah makan malam, di tengah malam atau dini hari
  • Daging. Ya setelah jagung daging menjadi pilihan untuk melakukan barbeque-an di malam tahun baru.Membeli daging setengah jadi di supermarket kemudian segera memanggangnya divatas bara api
  • Kecap/saos/mentega. Bumbu ini tak bole ketinggalan saat hendak merayakan tahun baru. Kurang satu bumbu saja, makanana akan terasa kurang enak.
  • Snack/Chiki. Makanan ini sangat asyik untuk teman ngobrol. Sebelum hidangan utama tersaji, snack mampu mengganjal dan menemani mereka yang tengah merayakan tahun baru.
  • Kopi/teh/bir. Ya minuman ini ialah minuman yang penting saat perayaan tahun baru. Nyeruput kopi, menyeduh teh, dan menenggak bir ialah hal yang tak sekedar menambal dahaga tapi juga membuat ngobrol makin asyik dan membuat saat kita menunggu jam 12 teng, menjadi tak terasa,jadi lebih cepat.

Nah berdasarkan penglihatan dan dugaan kami, makan di atas ialah makanan yang dipersiapkan untuk merayakan tahun baru. Jika kalian punya makanan unik lainnya untuk merayakan tahun baru, boleh laina bagi di sini.

Fungsi Karcis Pada Bis DAMRI

Berdasarkan pengalaman kami, saat menaiki bis DAMRI memang seringkali tak diberi karcis. Hanya beberapa kali kami diberi karcis saat nge-DAMRI. Dan Hal ini membuat kami penasaran. Akhinya, setelah kami bertanya pada kondektur yang memberiikan karcis, kami pun memperoleh kenapa ia membagikan karcis dan fungsi karcis itu sendiri. Dan inilah fungsi dari karcis DAMRI:

  • Biar Aman. Ya bagi penumpang aman dan bagi kondektur aman. Ya mengikuti prosedur lah
  • Bagi penumpang, sebagai bukti ia benar-benar naik DAMRI. Hal ini tentunya berguna bagi pegawai yang ongkos atau ada dinas apapun yang uang transportnya ditanggung. Dengan karcis ia dapat dengan mudah menyerahkan karcis sebagai bukti kepada boss-nya dan mendapat ganti uang perjalanannya.
  • Bagi Kondektur, karcis meminimalisir dalam melewatkan untuk menagih uang ongkos pada penumpang. Jadi ga ad penumpang yang kelewatan dan lupa ditagih. Karena ia bisa menghitung jumlah karcis yang ia sobek pada waktu itu.Dengan melihat perbandingan pada berapa karcis yang ia sobek, dan berapa jumlah penumpang saat itu. FYI, di karcis itu ada nomor serinya, dan tiga nomor akhir itu menunjukkan pada jumlah karcis yang telah diberikan pada penumpang.
  • Meminimalisir penumpang yang suka berbohong. Ya dengan dibagikannya karcis, penumpang yang pura-pura telah bayar ongkos dapat dilacak, dengan dipinta bukti karcisnya.
  • Bagi kondektur, hal ini memudahkan saat ia menyerahkan setoran kepada boss. Kondektur pun tak akan dicurigai telah “ini-itu” terhadap setoran Dan boss pun tahu jumlah setoran yang sebenarnya karena bukti karcis yang terjual tersebut. Dengan ini tindak korupsi bisa ditekan
  • Memudahkan pegawai DAMRI yang bertugas dalam mengecek penumpang. Ya, setiap perjalanan damri  biasanya ada check poin dimana setia damri berhenti di duatu tempat dan dicek oleh pegawainya. Dengan itu kerja merekalebih mudah denga cukup melihat pada jumlah karcis yang telah disobek oleh si kondektur.
  • Sebagai memorabilia. Percaya atau tidak, ketika anda telah begitu sering meniki damri dan suatu saat anda jarang menaikinya lagi, karcis damri dapat memberikan banyak kenangan di dalamnya. Ya selembar karcis damri tersebut mamu menggugah banyak cerita dan kenangan saat anda dulu menjadi penumpang damri.
  • Sebagai benda koleksi. Bagi pecinta bus, karcis ialah benda yang harus dimiliki dan disimpan rapih layaknya pecinta filateli menyimpan rapih prangko-prangkonya. Tiket damri ini, bagi mereka juga sebagai bukti dan track record bis apa saja yang telah mereka naiki.

Nah itulah fungsi karcis bis DAMRI, terutama bis dalam kota, yang kami dapat setelah mengobrol dengan sang kondektur sepanjang perjalanan. Mungkin kalian memiliki pengalaman tentang karcis atau fungsi lainnya dari karcis damri, silahkan berbagi, isi komentar di bawah, dan dengan senang hati kami akan memperbaiki tulisan kami dengan menambah masukan ide dari kalian.

Etika Saat di Bis DAMRI

Baca kisah-kisah unik di DAMRI dengan klik gambar di atas


Kami kerap kesal dengan perilaku penumpang DAMRI. Entah kenapa mereka sepertinya mau menang dan enak sendiri. Ya perilaku ini memang katanya khas perilaku orang indonsia atau juga mungkin perilaku negara berkembang lainnya. Nah inilah hal-hal penting yang harus diperhatikan saat di DAMRI:

Stoplah damri dan naik ke pintu damri saat bis telah berhenti. Jangan kalian naik ke pintu saat bis masih setengah berjalan, karena kalian bisa terjatuh dan tentu ini berbahaya. Terlebih dari itu pasti kalian akan malu saat masuk ke bis, karena seluruh mata di bis memandang kalian dengan wajah sedih sambil setengah terkekeh.

Nurut apa kata kondektur. Kondektur itu KM kalian saat di bus. Jadi apapun anjurannya dituruti saja. Misal, kalian disuruh bergeser kedepan atau ke belakang, begitu pula saat kalian disuruh duduk atau memberikan tempat duduk pada penumpang lainnya. Kalian harus nurut, karena kelancaran perjalanan dan kenyamanan di bis ada diperintah kondektur.

Beri tempat duduk pada yang lebih tua. Maksudnya ketika kalian telah terlebih dahulu duduk dan ada barak-ibut2 yang tak kebagian duduk, kalian harus dengan lapang dada memberikantempat duduki pada si ibu. Jangan pura-pura sibuk, pura-pura sakit, apalagi pura-pura tidur.

Jangan suka ngerebut tempat orang. ketika kalian naik damri dan tak kebagian tempat duduk, kalian pasti berdiri. Dan jika kemudian ada penumpang yang turun, sehingga menyisakan satu kursi kosong, janganlah langsung bergegas ke kursi tersebut. Lihat sekitar, mungkin saja ada penumpang yang tak kebagian tempat duduk dan telah berdiri lebih lama dari kalian. Jadi, jangan suka mau enak sendiri dan menjadi sok manja karena pegel lama-lama berdiri di damri. Di belakang kalian masih ada orang yang bahkan telah berdiri hampir sepanjang perjalanan.

Pelankan suara ketika menerima telepon. Kami yakin tak semua penumpang bis ingin mendengarkan percapakapan anda di telepon. Sebaliknya anda juga bisa malu karena topik pembicaraa anda yang privat terdengar seantero bus dari depan sampai belakang.

*      tambahan dari bang aep: tidak marah2 sama supir dan kondektur yang sedang mengganti ban gara2 bocor di tengah-tengah jalan tol, sehingga menyebabkan anda terlambat

Nah itu lah etika yang harus diperhatikan di bis. Jika kalian ada tambahan silahkan tambahkan di komen, niscaya tulisan di atas akan kami edit lagi dengan ditambah masukan dari kalian 😀

***

baca juga ttg kisah menarik seputar DAMRI

DI BLOG INI

ps: Kami sangat sangat sangat menyukai blog dan tulisan tersebut, terutama ttg DAMRI

Kenapa Kami Benci Maicih?

Keripik setan yang super pedas dan bikin murka perut memang telah kami kenal sejak kami duduk di bangkus SD. Harganya 500, tapi kini karena  (katanya) seni dari pemasaran yang unik, harganya  menjadi 100x lipat. Aneh, justru saat teknik pemasaran semakin efisien harusnya harga dapat ditekan. Ah entahlah, ini mungkin karena citra produk. Tapi intinya saya tidak suka, tepatnya benci kepada ma icih dan produk sejenisnya. Kenapa? Ini alasannya:

  • Kami punya maag kronis. Ini memang dendam pribadi, kami kesal tak bisa makan yang pedas-pedas. Makan keripik sejenis ini sama saja bunuh diri bagi kami
  • Tak mencerdaskan generasi bangsa. Manfaat apa yang bisa kalian peroleh dari singkong, bawang merah, bawang putih, minyak sayur, cabe rawit, dan garam, selain sensasi pedas dan histeria teriak bareng2 temen gaul??!! Makan ini bikin volume otak terasa menyusut. Miskin nutrisi!
  • Tak sejalan dengan misi WHO. Makanan miskin gizi ini tak sejalan dengan misi WHO dimana setiap penduduk negara harus disuplai dengan gizi yang cukup demi kompetensi SDM nya di era globalisasi. Makan ginian Cuma bikin Indonesia terus terpuruk bahkan di kawasan Asia Tenggara
  • Cuma Makan Citra. Makan keripik ini secara biologis tak dapat diartikan sebagai makan. Memasukkan sesuatu ke mulut demi bertahan hidup atau sekedar mengisi perut karena rasa yang menggugah selera lewat suatu makanan. Makan keripik ini hanya sekedar  memakan citra produk ini yakni “tantangan level dr ma icih” atau sensasi kuat-kuatan makan ini bareng temen
  • Diskriminatif secara teknologi. Emang target produk ini anak muda yang gaul yang diidentikan selalu aktif di jejaring sosial. Tapia apa emang anak muda selalu punya twitter? Kami yang ga punya twitter gimana kalo pengen nyobain makanan ini?
  • Design produk yang jelek sekali. Gambar emak-emaknya justru kelihatan seperti wajah dari orang aztek atau dari suku Indian. Gambarnya tak menggambarkan konsep emak-emak

Nah itulah alasan kenapa kami membenci ma icih. Ini memang alasan pribadi. Bukan sirik. Tak ada juga maksud dari kami untuk menjelek-jelekkan makanan atau mungkin tepatnya “brand” ini.

***

Ketika Cowo Belanja Kebutuhan Rumah Tangga di Supermarket

Cowo selalu kelimpungan jika mendapatkan tugas cewe. Itu memang stereotype, tp memang kadang benar adanya. Hal ini termasuk dalam soal ketika seorang cowo belanja kebutuhan seluruh rumah tangga di supermarket, apalagi si cowo baru-baru pertama kali melakukannya. Dan inilah hal yang akan timbul jika cowo melakukan pekeraan tsb:

  • Bingung mau belanja yang mana dulu. Saat mengingat atau melihat list belanjaan, bingung mau beli apa dulu. bingung Masuk lorong bagian apa dulu, karena tak tahu makanan apa ada di loronng apa. Walhasil mereka belanja secara ngacak, dari lorong 9, lanjut ke lorong 1, ke lorong tiga, lalu kembali lago ke lorong 9.
  • Tersesat dilorong-lorong supermarket. Di supermarket besar memang segala belanjaan ada dan ini tersebar di puluhan lorong. Nah ketika cowo berusaha mencari barang, namun kelihatannya tidak ada mereka akan kebingunagn. Masuk lorong, keluar lorong. Maju lagi, mundur lagi. “Ada di lorong berapa ya barang ini”
  • Bertanya pada pegawai satu hingga tiga kali. Saat cowo sudah cukup lelah, kesal, dan membutuhkan waktu lama untuk  mencari barang belanjaan akhirnya mereka hanya bisa bertana kepada pegawainya. “Mba barang ini ada dimana ya? Mba kalo makanan ini ada rasa lainnya ga? Mba kalo kecap ini ada ukuran yang lebih kecil ga?”
  • Salah menghitung kembalian. Walau telah dihitung secara digital oleh mesin hitung, namun sewaktu-waktu kembalian dari supermarket kadang kurang. Nah cowo ketika selesai bayar di kasir tak segera mengecek struk pembelian. Mereka langsung masukkan struk tersebut kedalam dompet atau bahkan dibuang.
  • Ada belanjaan yang lupa dibeli. Saat tengah diperjalanan pulang atau telah sampai di rumah, ada saja  belanjaan yang lupa dibeli. Hal ini terjadi ketika mereka sampai di rumah, dan barang belanjannya dicek oleh istri, pacar, atau ibu mereka.
  • Selain itu cowo pun kerap salah beli. Harusnya beli ukuran yang berapa mili, malah belinya yang ukuran berapa mili. Selain itu, cowo kerap tidak membeli apa yang ada di list, alasannya barangnya ga ada. Padahal sih barangnya ada, mereka males nyari dan nanya aja ke pegawainya.

Kata yang Patut Diwaspadasi Saat Janjian dengan Seseorang

Kami kerap dikecewakan dengan janji banyak orang dari kawan hingga pedagang. Ketika kami hendak mengambil baju di tukang jahit, ketika kami janjian mau berangkat bareng, hingga janjian dengan orang dari institusi pemerintahan. Singkatnya  begitu sulit untuk memegang perkataan seseorang. Nah jika kalian janjian dengan siapapun, nampaknya ada kata-kata yang harus dicurigai. Kata-kata yang sepertinya meyakinkan namun sebenarnya asal jeplak saja. Nah kira-kira ini kata yang harus diwaspadai ketika kaian bejanji dengan seseorang:

  • OK deh.  Nah kata ini harus dicuragai karena biasanya tidak menunjukkan keseriusan mereka. Ok deh itu sebenernya jawaban ambigu. Bisa berarti iya, tidak, setengah iya atau setengah tidak. Nah jika ada yang menjawab dengan kata ini sebaiknya kalian perdalam lagi kepada mereka apa maksudnya kata “oke deh” dari mereka.
  • Siap. Kata siap sini seolah menunjukkan komitmen seseorang untuk memenuhi janji. Namun di banyak kesempatan kata “siap” ini hanya sekedar jawaban “cari aman” dan asal jeplak saja untuk mengakhiri pembicaraan.
  • Insya allah. Nah ini kata yang sebenranya harus diwaspadai di masyarakat Indonesia. Kata insya allah yang berarti berjanji bertransformasi maknanya menjadi sekedar kata yang artinya kurang lebih mungkin. Mungkin iya mungkin tidak. Mungkin bisa mungkin tidak.
  • Nanti/ ntar. Nah kata ini emang kebih gawat lagi. Jika kalian janjian menanyakan kepastian tentang waktu dan dijawab dengan kata nanti/ ntar, lebih baik anda batalkan saja janjiannya. Ntar itu bisa ntar lusa, ntar bulan depan atau ntar kalo ngga lupa
  • OK, Insya allah, ntar, besok. Nah ini kata campuran kata yang lebih bahaya lagi. Biasanya orangnya plin-plan. Ketika kita menanyakan kepastian wakti dan dijawab dengan OK, Insya allah, ntar, besok. Sebaiknya kalian mem black list  kawan tersebut sebagai kawan yang sulit menepati kata-katanya sendiri

Nah itulah kata-kata yang kerap kami dengar ketika berjanji dengan seseorang namun tak pernah mereka tepati. Memang tulisan ini bukan untuk digeneralisir, lagipula semua kembali kepada tiap individu. Akhir kata, meskipun kami yang menulis ini, namun kami pun sadar bahwa kami kerap menjadi makhluk pembual. Namun semoga aja kami tak mengulanginya lagi. Ya insya allah.

Kenapa FB Penting Untuk PDKT?

Kenapa FB penting untuk cari pasangan? Berdasarkan pengalaman, dalam beberapa kasus, kami memang sedikit menghadapi kesulitan karena kami tak meiliki akun di jejaring media popular. Nah untuk menumpahkan kekesalan kami karena masalah FB dan kaitannya dengan percintaan, dibawah akan kami jelaskan kenapa FB/jejaring sosial lainnya penting untuk PDKT:

  • Fb penting untuk memamerkan  kegantengan/kecantikan kalian. Percaya atao tidak fisik pun menjadi pertimbangan dalam pemilihan pasangan.
  • Fb penting untuk memamerkan ke-keren-an kalian. Lewat notes, info, atau wall kalian orang bisa tau sekeren apa kalian. Hobi denger musik apa, baca buku apa, sampai lihat status dan wall kalian.
  • Fb penting untuk bahan obrolan pas PDKT. Kalo kita tahu profil dasar kecengan, minimal kita bisa dapet banyak bahan obrolan buat PDKT. Mulai dari asal, sekolah, film dan musik favorit, sampe hobi.
  • FB penting untuk membuat calom pasangan terkesan. Misal, kecengan kita setengah kaget plus kagum saat kita kasih hadiah tertentu “Ihh…kok kamu tahu sih aku seneng banget benda ini?”

             Iya lah tau, lha semua ttg kamu dipajang dengan jelas di FB kamu!

  • FB penting untuk melihat basic info kecengan kita. Hal ini dapat menjadi landasan pertimbangan untuk melanjutkan PDKt kita atau tidak. Misalnya hobi kecengan kita aneh…trus dari situ ga jadi deh PDKT sama dia.
  • Dan terakhir yg penting ialah untuk melihat status.Single or in relation with. Walau kadang kecengan kita dah in relation with pun tetep kita hajar dan terus dikejar…..hehhe

Sebenarnya ini tak hanya berlaku untuk FB saja, jejaring sosial lain pun kurang lebih memiliki urgensi yang sama dalam rangka usaha mencari pacar.

 ***

Kenapa Cowo Enggan Pakai Payung?

Saat Hujan, saat kami tengah berjalan hendak menuju angkutan umum, kami sedikit dibuat keanehan. Ya, saat mencoba melihat pemandangan sekitar, manusia yang tengah berlalu lalang di bawah guyuran hujan, jarang, atau kala itu tak ada satu pun cowo yang menggunakan payung. Sontak kami dibuat sedikit aneh dan ingin mencari tahu kenapa payung jarang digunakan oleh cowo terutama di usia remaja. Nah kemudian kami mencoba menjawabnya sebagai berikut:

  •  Malu. Hal ini berkaitan dengan konsep maskulinitas dimana cowo rasanya akan terlihat lemah dan kelihatan seperti cewe jika memakai payung. Apalagi memakai payung saat siang hari demi berlindung dari panas
  • Kelihatan tidak Gagah. Menggunakan payung seolah membuat cowo tak tampil gagah. Tak seperti ketika pria  tengah memegang senjata, memegang sebatang rokok atau mengendarai motor besar. Kelihatannya dalam payung melekat sifat-sifat feminim sehingga cowo enggan memakainya
  • Lebih memiih jaket-jaket oudoor anti air. Dengan ini tampilan cowo akan lebih terlihat keren walau hujan membasuh bumi. Praktis, walau kadang kebingungan mau disimpen dimana jaket yang habis kehujanan tersebut. Masukin kresek?dijemur?Ya, sebenernya ruang yang dibutuhakan untuk menyimpan jaket lebih besar daripada untuk menyimpan payung lipat.
  • Mau pake payung kalo lagi jalan sama cewe atau kecengan. Ini juga payungnya punya si cewe. Ya, dengan berjalan berdua dengan cewe dan sang cowo memegang payungnya, maka cowo dikesankan sebagai pelindung cewe. Melindungi cewe dari titik hujan yang dapat membasahi kulit mulus cewe atau cipratan mobil. “Udah gagah, kelihatan romantis lagi”
  • Kebiasaan. Harus diakui membawa payung kemana-mana saat musim penghujan dibutuhkan suatu kebiasaan. Tidak lupa saat hendak membawanya, tidak lupa saat kelak menyimpannya sehingga tak tertinggal di suatu tempat, dan tak lupa juga menyimpan lagi di tempat semula. Ini lah yang menjadi masalah cowo. Mau bawa payung?. Lupa terus. Lupa pula nyimpen di tas. Udah bawa payung eh pulangnya ketinggalan di supermarket, di mesjid atau di rumah kawan…

Nah kira-kira itulah alasan kami kenapa cowo enggan memakai payung. Kalian boleh protes kalo tak setuju atau boleh juga menambahkan alasan lainnya….

***